Cara Membuat Watermark di Word

1 min read

Halo pembaca! Apakah kamu pernah ingin menambahkan watermark ke dokumen Wordmu? Nah, artikel ini akan mengajarkanmu cara membuat watermark di Word dengan mudah dan cepat. Watermark adalah gambar atau teks transparan yang ditempatkan di latar belakang dokumen. Ini bisa menjadi logo, teks khusus, atau apa pun yang ingin kamu tambahkan untuk memberikan sentuhan personal pada dokumenmu. Simak terus artikel ini untuk mendapatkan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat watermark di Word. Mari kita mulai!

Sebelum kita memulai, pastikan kamu memiliki dokumen Word yang ingin ditambahkan watermark. Kamu juga harus memiliki logo atau gambar yang ingin digunakan sebagai watermark. Setelah memastikan semuanya siap, kamu bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membuat watermark di Wordmu.

cara membuat watermark di word
Source tutorial89.blogspot.com

Langkah 1: Buka Dokumen Wordmu

Akses Menu Insert

Pertama-tama, buka dokumen Wordmu seperti yang biasa kamu lakukan. Setelah dokumen terbuka, akses menu Insert di bagian atas halaman.

Pilih Watermark dari Galeri

Di dalam menu Insert, cari opsi Watermark. Klik pada opsi tersebut untuk melihat galeri watermark yang tersedia.

Langkah 2: Pilih Watermark

Pilih Watermark Terdapat dalam Galeri

Di dalam galeri watermark, kamu akan menemukan beberapa pilihan standar yang telah disediakan oleh Word. Kamu juga bisa memilih opsi Custom Watermark jika kamu ingin menggunakan gambar atau teks kustom sebagai watermark.

Pilih Watermark yang Sesuai

Klik pada watermark yang ingin kamu gunakan. Watermark tersebut akan langsung ditambahkan ke halaman dokumenmu.

Langkah 3: Sesuaikan Watermark

Mengubah Ukuran Watermark

Jika ukuran watermark tidak sesuai dengan keinginanmu, kamu bisa mengubahnya. Letakkan kursor di atas watermark, lalu klik kanan. Pilih opsi Size atau Format Picture, tergantung versi Word yang kamu gunakan. Kamu akan diarahkan ke jendela yang memungkinkanmu mengubah ukuran, bentuk, atau gaya watermark.

Mengatur Transparansi dan rotasi

Jika kamu ingin mengatur transparansi atau rotasi watermark, kamu bisa melakukannya menggunakan opsi yang sama seperti langkah sebelumnya. Perbaiki watermark sesuai dengan preferensimu.

Langkah 4: Simpan Perubahan

Klik Save

Setelah kamu puas dengan tampilan watermarkmu, jangan lupa untuk menyimpan perubahan yang telah kamu buat. Klik Save atau tekan Ctrl+S untuk menyimpan dokumen Wordmu.

Selesai!

Sekarang kamu telah berhasil menambahkan watermark ke dokumen Wordmu. Kamu dapat mengubah atau menghapusnya kapan pun kamu mau dengan mengikuti langkah-langkah yang sama. Terima kasih telah membaca artikel ini. Selamat mencoba!

cara membuat watermark di word
Source tutorial89.blogspot.com